Tuesday, June 28, 2016

Tips Sehat Walau Harus Begadang



Musim Euro 2016 dan bulan Ramadhan ini menjadi moment yang bagi sebagian besar pecinta bola dimanfaatkan untuk alasan begadang. Yeah, seharusnya itu tak boleh karena akan membahayakan kesehatan.

Apalagi jika ditambah tidak memperhatikan asupan sewaktu sahur dan berbuka. Akan berbahaya bagi tubuh. Tapi gimana kalau misalkan lo harus begadang karena pekerjaan? Atau squad lo maen dan waktunya berbarengan dengan jam sahur? Nih gue punya sedikit tips sehat walau harus begadang  :

Mulai dari asupan
First think first, perhatikan asupan makanan saat sahur dan berbuka. Jangan karena harus begadang, asupan untuk tubuh diabaikan. Sayur, buah, dan air harus jadi menu wajib sahur dan berbuka. Plus jangan dilupakan untuk minum suplemen vitamin dan susu low fat, dan kaya nutrisi. Kalau gak doyan sayur, apalagi buah gimana? Boleh saja minum jus tapi harus low sugar, no ice agar seratnya tetap terjaga. Contohnya nih, saat sahur lo bisa pilih menu oatmeal yang banyak serat. Lo bisa ngolah si oatmeal ini jadi menu favorit lo. Mau jadi oatmeal dengan buah atau jadi bubur oatmeal ayam atau ikan, sesuai selera saja. Yang pasti jangan pernah sahur dan berbuka tanpa memperhatikan nutrisi yah. Minum air putih 2 liter air saat sahur dan berbuka agar tubuh tidak mengalami dehidrasi plus suplemen multivitamin.


Jam tidur
Nah ngomong soal jam tidur nih yang pastinya berubah karena begadang. Pertama kalau hari itu mau begadang, gantikan jam tidur lo dengan memanfaatkan waktu istirahat selama 1 jam. Kedua, minum suplemen vitamin yang tetap membuat lo merasa nyenyak tidur sekalipun kuantitas tidur lo gak maksimal. Jadi kualitas tidur tetap terjaga sekalipun kuantitasnya tidak maksimal. Ketiga, sehabis begadang gantikan satu hari untuk benar-benar istirahat dengan jam tidur normal 8 jam. Jangan dibablas sampai lebih dari 8 jam yah, karena berefek negative buat tubuh lo.


Olahraga
Yups selain kedua hal tadi, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar walau harus begadang. Ada banyak pilihan olahraga, mulai dari renang, jogging, fitness, atau kalau lo pengen sesuatu yang baru lo bisa coba bikram yoga.. Olahraga satu ini bukan hanya untuk relaksasi tapi juga mengembalikan keseimbangan dan membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Kebetulan gue ada info sesi yoga gratis nih dari studio yoga 42, studio yoga yang khusus belajar bikram yoga. Ke semua sesi bikram yoga bisa lo pilih, sesuaikan dengan kebutuhan tubuh plus kemampuan lo. Syaratnya lo bisa baca di Yoga Healthy Treat, lumayan banget dapetnya 5 sesi bikram yoga senilai 925 ribu. 


Nah itulah tiga tips sehat walau harus begadang di musim euro 2016 dan bulan ramadhan ini. Semoga ramadhan ini berkah buat lo plus team favorit lo menang yah J

No comments:

Post a Comment